HARI AKHIRAT

HARI AKHIRAT                                             (2/4)
Dr. M. Quraish Shihab, M.A.

Pertama, dalam surat Ya Sin (36): 78-83 Allah berfirman,

Dan dia (manusia durhaka) membuat perumpamaan bagi
kami dan dia lupa kepada kejadiannya. Dia berkata,
"Siapakah yang dapat menghidupkan tulang-belulang yang
telah hancur luluh?" Katakanlah (hai Muhammad), "Ia
akan dihidupkan oleh yang menciptakannya kali yang
pertama (Allah). Dia Maha Mengetahui tentang segala
makhluk. Yaitu Tuhan yang menjadikan untukmu api dari
kayu yang hijau; maka tiba-tiba kamu nyalakan (api)
dari kayu itu (memperoleh bahan bakar darinya). Dan
tidakkah Tuhan yang menciptakan langit dan bumi
berkuasa untuk menciptakan yang serupa dengan itu?
Benar. Dia berkuasa dan Dialah Maha Pencipta lagi Maha
Mengetahui. "Sesungguhnya keadaannya apabila Dia
menghendaki sesuatu, hanyalah berkata kepadanya,
"Jadilah," maka terjadilah ia. Mahasuci Dia yang di
tangan-Nya kekuasaan atas segala sesuatu dan
kepadaNyalah kamu dikembalikan.

Mari kita dengar uraian filosof Muslim, Al-Kindi, tentang
kandungan ayat tersebut, sebagaimana dikutip oleh Abdul-Halim
Mahmud dalam bukunya At-Tafkir Al-Falsafi Al-Islam (hlm. 73).
Menurut Al-Kindi:

Ayat ini menegaskan bahwa:

(a)Keberadaan kembali sesuatu setelah kepunahannya adalah
bisa atau mungkin. Karena menghimpun sesuatu yang telah
berpisah-pisah atau mengadakan sesuatu yang tadinya belum
pernah ada, lebih mudah daripada mewujudkannya pertama kali.
Meskipun demikian, bagi Allah tidak ada istilah "lebih mudah
atau lebih sulit". Hakikat ini diungkapkan oleh ayat di atas
ketika menyatakan: Katakanlah bahwa ia akan dihidupkan oleh
yang menciptakannya kalipertama.

(b)Kehadiran atau wujud sesuatu dari sumber yang berlawanan
dengannya bisa terjadi, sebagaimana terciptanya api dari daun
hijau (yang mengandung air). Ini diinformasikan oleh ayat yang
berbunyi: Yang menjadikan untukmu api dari kayu yang hijau.

(c)Menciptakan manusia dan menghidupkannya setelah
kematiannya, (lebih mudah bagi Allah) daripada menciptakan
alam raya yang sebelumnya tidak pernah ada. Ini dipahami dari
firman-Nya: Dan tidakkah Tuhan yang menciptakan langit dan
bumi itu berkuasa menciptakan yang serupa dengan itu?

(d)Untuk menciptakan dan atau melakukan sesuatu, betapa pun
besar dan agungnya ciptaan itu, bagi Tuhan tidak diperlukan
adanya waktu atau materi. Ini jelas berbeda dengan makhluk
yang selalu membutuhkan keduanya. Hal ini bisa dipahami dari
firman-Nya: Jadilah, maka terjadilah ia.

Manusia mana yang mampu dengan fasafah manusia,
menghimpun (informasi) dalam ucapan sebanyak
huruf-huruf ayat diatas, sebagaimana yang telah
dthimpun oleh Allah untuk Rasul-Nya Saw.

Demikian komentar filosof Al-Kindi tentang ayat-ayat di atas.

Kedua, lihat misalnya surat Al-Isra' yang menguraikan
bagaimana pembuktian tentang kepastian hari kiamat -pada
akhirnya ditemukan sendiri melalui tuntunan Al-Quran- oleh
mereka yang tadinya meragukannya. Gaya ini digunakan oleh
Al-Quran agar manusia merasa bahwa ia ikut berperan dalam
menemukan satu kebenaran dan dengan demikian ia merasa
memilikinya serta bertanggung jawab untuk mempertahankannya.

(Mereka bertanya), "Apakah bila kami telah menjadi
tulang-belulang dan benda-benda yang hancur, masih
dapat dibangkitkan kembali sebagai makhluk-makhluk
yang baru?" Katakanlah, "Jadilah kalian batu, atau
besi, atau apa saja yang menuntut pikiran kalian lebih
mustahil untuk diciptakan kembali." Maka mereka akan
bertanya, "Siapakah yang akan menghidupkan kami
kembali?" Katakanlah, "Yang telah menciptakan kamu
pada kali pertama." Lalu mereka akan
menggeng-gelengkan kepala mereka kepadamu dan berkata,
"Kapan itu (akan terjadi)?" Katakanlah, "Boleh jadi
(dalam waktu) dekat" (QS Al-Isra' [17]: 49-51).

Al-Quran -yang bermaksud melibatkan manusia dalam penemuan
keyakinan tentang hari kebangkitan ini- tidak menjawab
pertanyaan kaum musyrik tadi degan "ya" atau "tidak". Tetapi,
diajukan-Nya suatu problem baru yang belum terlintas dalam
benak si penanya, yaitu dengan pernyataan yang diperintahkan
kepada Nabi Saw. untuk disampaikan seperti terbaca di atas.
Seakan-akan penggalan kata tersebut berbunyi, "Bagaimana
seandainya setelah kematian nanti kalian bukan menjadi
tulang-belulang yang pernah mengalami hidup, tetapi batu-batu
atau besi-besi atau makhluk apa saja yang sama sekali belum
pernah mengalami 'hidup' dan menurut kalian lebih mustahil
untuk dihidupkan?" Pada saat itu Al-Quran mengajak akal mereka
mengajukan pertanyaan yang mereka ajukan semula, "Siapakah
yang akan menghidupkan itu semua kembali?" Jawabannya adalah,
"Dia yang pertama kali mewujudkannya sebelum tadinya ia
tiada." Bukankah mewujudkan sesuatu yang pernah mengalami
"hidup" lebih mudah daripada mewujudkan sesuatu yang belum
pernah berwujud sama sekali.

Di sini terlihat bahwa problem yang mereka ajukan sudah tidak
berarti sama sekali. Bahkan "akal" mereka sendiri kelihatannya
telah menyadari kelemahan argumen merreka, sehingga
menimbulkan pertanyaan baru.

Ketiga, bertitik tolak dan hakikat di atas, seringkali
Al-Quran menganalogikan hari kebangkitan dengan keadaan hujan
yang menimpa tanah yang gersang. Surat Al-Hajj menyeru seluruh
manusia:

Wahai seluruh manusia, kalau kamu sekalian meragukan
hari kebangkitan, maka (sadarilah bahwa) Kami
menciptakan kamu dari tanah, kemudian nuthfah,
kemudian 'alaqah, kemudian mudhgah (sekerat daging)
yang sempurna penciptaannya atau tidak sempurna
penciptaannya, agar Kami jelaskan kepada kamu dan Kami
tetapkan di dalam rahim apa yang Kami kehendaki sampai
waktu yang telah ditentukan. Kemudian Kami keluarkan
kamu sebagai bayi, dan (secara berangsur-angsur) kamu
sampai kepada (usia) kedewasaan. Di antara kamu ada
yang diwafatkan dan ada pula yang dipanjangkan usianya
sampai pikun, supaya (sehingga) dia tidak mengetahui
lagi apa yang tadinya telah diketahui. Dan kamu lihat
bumi itu tandus/mati, kemudian apabila Kami turunkan
air (hujan) di atasnya hiduplah bumi itu dan suburlah
ia serta menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan
yang indah. Yang demikian itu karena sesungguhnya
Allah adalah Yang Hak, Dia yang menghidupkan yang
mati, Dia Mahakuasa atas segala sesuatu, dan hari
kiamat pasti datang. Tidak ada keraguan atasnya dan
Allah membangkitkan semua yang dikubur (QS Al-Hajj
[22]: 5-7).

Manusia berasal dari tanah; bukankah makanannya berasal dari
tumbuhan-tumbuhan dan binatang yang memakan apa yang
terbentang di bumi Allah? Makanan tersebut diolah oleh
tubuhnya, sehingga menghasilkan sperma. Pertemuan sperma dan
ovum menghasilkan 'alaqah' sesuatu yang bergantung di dinding
rahim. Kemudian ini melalui tahap-tahap seperti yang
dikemukakan di atas, sehingga akhirnya manusia mati terkubur
di bawah tanah atau menjadi tanah lagi. Nah apakah mustahil
yang kini menjadi tanah, hidup lagi dengan kehidupan baru?
Bukankah sebelumnya ia pun berasal dari tanah? Bukankah
sehari-hari terlihat pula tanah yang gersang setelah dicurahi
hujan -ditumbuhi pepohonan yang hijau? Kalau demikian mengapa
meragukan kebangkitan? Demikian lebih kurang peringatan ayat
di atas.

Keempat, kematian sama dengan tidur. Begitu pernyataan
Al-Quran.

Allah yang memegang jiwa (orang) saat kematiannya, dan
(memegang) yang belum mati pada saat tidurnya. Maka
Dia tahan jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan
kematiannya, dan Dia melepaskan jiwa yang lain (yang
tidur dengan membangunkannya) sampai waktu yang Dia
tentukan ... (QS Al-Zumar [39]: 42).

Untuk membuktikan adanya kebangkitan, Al-Quran menceritakan
apa yang dilakukan Allah terhadap seorang yang mempertanyakan
tentang "bagaimana kebangkitan". Maka ditidurkannya yang
bersangkutan selama seratus tahun, dan Dia menjadikan
makanannya tetap utuh tidak rusak, sedangkan keledainya
menjadi tulang-belulang. (Baca QS Al-Baqarah [2]: 259)

Bahkan sekelompok pemuda yang beriman -yang terpaksa
berlindung ke sebuah gua karena khawatir kekejaman penguasa
masanya-ditidurkan selama tiga ratus tahun lebih, kemudian
dibangunkan kembali oleh Allah. Kisah mereka diuraikan secara
panjang lebar dalam surat Al-Kahf (18): 9-26 dan bekas-bekas
peninggalan mereka berupa gua tempat persembunyian telah
ditemukan beberapa kilometer dari kota Amman, Yordania. Kini
gua itu menjadi salah satu objek yang dikunjungi para
wisatawan dan peziarah.

Demikian sedikit dari dalil dan bukti-bukti yang dikemukakan
Al-Quran untuk menyingkirkan keraguan tentang hari
kebangkitan.

KEHIDUPAN DI ALAM BARZAKH

Al-Quran tidak hanya menjelaskan tentang hari akhir, tetapi
juga memberikan sekian banyak informasi menyangkut
kejadian-kejadian saat kematian. kehidupan barzakh, dan
peristiwa-peristiwa sesudahnya. Dengan kematian, seseorang
beranjak untuk memasuki saat pertama dari hari akhir. Dalam
sebuah riwayat dinyatakan bahwa:

Siapa yang meninggal, maka kiamatnya telah bangkit.

Kiamat ini dinamai "kiamat kecil". Saat itu yang bersangkutan
dan semua yang meninggal sebelumnya hidup dalam satu alam yang
dinamai "alam barzakh". Mereka semua menanti kedatangan kiamat
besar, yang ditandai dengan peniupan sangkakala pertama
sebagaimana akan diuraikan nanti.

... sehingga apabila datang kematian kepada seorang di
antara mereka (yang kafir) ia berkata: "Ya Tuhanku,
kembalikanlah aku, agar aku berbnat amal saleh
terhadap yang telah aku tinggalkan." (Allah
berftrman), "Sekali-kali tidak! Sesungguhnya itu
hanyalah perkatan yang diucapkannya saja. Dan di
hadapan mereka ada barzakh (pemisah) sampai hari
mereka dibangkitkan" (QS Al-Mu'minun [23]: 99-100).

Dari segi bahasa, "barzakh" berarti "pemisah". Para ulama
mengartikan alam barzakh sebagai "periode antara kehidupan
dunia dan akhirat". Keberadaan di sana memungkinkan seseorang
untuk melihat kehidupan dunia dan akhirat. Kehidupan di sana
bagaikan keberadaan dalam suatu ruangan terpisah yang terbuat
dari kaca. Ke depan penghuninya dapat melihat hari kemudian,
sedangkan ke belakang mereka melihat kita yang hidup di pentas
bumi ini.

Al-Quran melukiskan keadaan orang-orang kafir ketika itu
dengan firman-Nya:

... Fir'aun beserta kaum (pengikut)-nya dikepung oleh
siksa yang amat buruk. Kepada mereka dinampakkan
neraka pada pagi dan petang. Dan (nanti) pada hari
terjadinya kiamat, (dikatakan kepada malaikat):
"Masukkanlah Fir'aun dan kaumnya ke dalam azab yang
sangat keras" (QS Al-Mu'min [40]: 45-46).

Para syuhada ketika itu dilukiskan sebagai orang-orang yang
hidup dan mendapatkan rezeki.

Dan janganlah kamu mengatakan terhadap orang-orang
yang gugur di jalan Allah (bahwa mereka itu) mati.
Sebenamya mereka itu hidup, tetapi kamu tidak
menyadarinya (QS Al-Baqarah [2]: 154).

Jangan sekali-kali menduga yang gugur di jalan Allah
adalah orang-orang mati. Sebenarnya mereka hidup di
sisi Tuhan mereka dan mereka memperoleh rezeki (QS Ali
'Imran [3]: 169).

Sementara orang memahami "ketidakmatian atau kehidupan mereka"
dalam arti keharuman dan kelanggengan nama mereka di dunia
ini. Kalau demikian, mengapa surat Al-Baqarah [2]: 154 di atas
menyatakan "tetapi kamu tidak menyadarinya"? Bukankah
keharuman nama itu kita sadari? Kemudian apakah ganjaran
"kekekalan nama" ini merupakan suatu keistimewaan? Bukankah
ada yang gugur dan dikenal namanya secara harum, padahal
hakikatnya ia tidak dinilai Allah sebagai syuhada karena
kematiannya bukan fi sabilillah? Apakah dengan demikian
dipersamakan antara yang baik dan yang buruk? Di sisi lain,
bagaimana pula halnya dengan para syuhada yang tidak dikenal
dan alangkah banyaknya mereka. Bukankah Allah menyatakan bahwa
mereka hidup dan mendapat rezeki? Kalau demikian apa rezeki
mereka yang tidak dikenal itu? Apakah mereka tidak
mendapatkannya? Kalau demikian di mana keadilan Ilahi?

Cukup banyak ayat yang dapat dijadikan titik pijak bagi adanya
apa yang dinamai kehidupan di alam barzakh. Bacalah misalnya
surat Al-Baqarah (2): 28, Al-Mu'min (40): 11, dan lain
sebagainya. Memang ada juga yang berpegang pada surat Ya Sin
[36]: 52 yang menceritakan ucapan orang-orang kafir saat
ditiupnya sangkakala pertama yaitu:

Celakalah kami! Siapakah yang membangkitkan kami dari
tempat tidur kami?

Mereka menyatakan bahwa ayat ini menginformasikan bahwa kaum
kafir ketika itu merasa diri mereka tidur dan terhentak bangun
dengan tiupan sangkakala. Jadi, dalih mereka selanjutnya
adalah "Kalau memang mereka tidur dan terhentak dengan tiupan
sangkakala, maka bagaimana bisa dinyatakan bahwa ada kehidupan
di alam barzakh? Atau ada siksa dan nikmat kubur?"

Hemat penulis, pandangan ini bisa dipertimbangkan untuk
diterima jika ayat tersebut berkata: "Siapakah yang
membangkitkan kami dari tidur kami?" Tetapi, redaksinya adalah
"dari tempat tidur kami" yakni kubur. Di sisi lain harus
dipahami bahwa kubur yang dimaksud di sini bukannya sebidang
tanah tempat jasad mereka dikuburkan, tetapi satu alam yang
kita tidak tahu persis bagaimana keadaannya. Kalaulah ayat di
atas dianggap "tidak jelas maknanya" atau yang diistilahkan
oleh para ulama dengan mutasyabih, maka ayat-ayat lain yang
maknanya cukup jelas (muhkam) seperti sekian banyak ayat yang
telah disinggung sebelum ini -dapat menjadi patokan untuk
memahaminya.

Hadis-hadis Nabi pun -dengan kualitas yang beraneka ragam-
amat banyak yang berbicara tentang alam barzakh, sehingga amat
riskan untuk menolak keberadaan alam itu hanya dengan
menggunakan satu atau dua ayat yang sepintas terlihat berbeda
dengan keterangan-keterangan tersebut. Ketika putra Nabi yang
bernama Ibrahim meninggal dunia, Nabi Saw. bersabda:

Sesungguhnya ada yang menyusukannya di surga (HR
Bukhari).

Imam Ahmad ibn Hanbal, Ath-Thabarani, Ibnu Abi Ad-Dunya, dan
Ibnu Majah meriwayatkan melalui sahabat Nabi, Abu Said
Al-Khudri, bahwa Nabi Saw. bersabda:

Sesungguhnya yang meninggal mengetahui siapa yang
memandikannya, yang mengangkatnya, yang mengafaninya,
dan siapa yang menurunkannya ke kubur.

Imam Bukhari juga meriwayatkan bahwa,

Apabila salah seorang di antara kamu meninggal, maka
diperlihatkan kepadanya setiap pagi dan petang tempat
tinggalnya (kelak di hari kiamat). Kalau dia penghuni
surga, maka diperlihatkan kepadanya (tempat) penghuni
surga; dan kalau penghuni neraka, maka diperlihatkan
(tempat) penghuni neraka. Disampaikan kepadanya bahwa
inilah tempatmu sampai Allah membangkitkanmu ke sana
(HR Bukhari).

---------------- (bersambung 3/4)
WAWASAN AL-QURAN
Tafsir Maudhu'i atas Pelbagai Persoalan Umat
Dr. M. Quraish Shihab, M.A.
Penerbit Mizan
Jln. Yodkali No.16, Bandung 40124
Telp. (022) 700931 Fax. (022) 707038
mailto:mizan@ibm.net

Tidak ada komentar: